SOP Pembayaran Listrik

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA

BIRO ADMINISTRASI UMUM

TAHUN  2016

 

 

Standar Operasional dan Prosedur

Pembayaran Rekenig Listrik, Telpon dan Air

 

 

 

Sasaran : 

Untuk efisiensi biaya  rekening listrik,  telepon, dan air sekaligus bisa mengetahui berapa jumlah biaya yang dikeluarkan. 

 

 

Ruang Lingkup:

Prosedur mulai dari mengajukan permintaan dana  ke BAK kemudian membayar rekening listrik, Air dan telepon di kantor masing-masing melalui tranfer di Bank Jatim.  

 

 

Definisi : 

Yang dimaksud pembayaran adalah melakukan kegiatan yang ada hubungannya dengan uang  karena mempunyai kewajiban dengan pihak lain.

 

Rincian Prosedur:

 

No

Penanggungjawab

Uraian Kegiatan

1

BAU

  • Menyerahkan no pelanggan listrik, telepon  ke bank Jatim Kantor Kas Kampus untuk mendebet pembayaran retribusi listrik dan telepon dari rek. Universitas No. 0321 007 406 

  • Menerima Catatan pemakaian air dari petugas PDAM setiap bulan

2

Bank Jatim 

Mendebet kontribusi listrik dan tilpun sesuai dengan tarif yang tertera secara on line dan memberikan bukti fisik yang telah disyahkan 

3

BAU 

  • Menerima bukti fisik nota debet pembayaran listrik dan tilpun dan menyerahkan ke Ka. BAK

  • Menyerahkan catatan pemakaian air kepada Ka. BAK 

4

 BAK 

  • Menerima nota debet pembayaran listrik dan tilpun  dan membukukan ke laporan keuangan dan mengarsipkan nota pembayaran listrik dan telepun

  • Pada setiap akhir bulan membayar  retribusi air sebesar kwitansi tagihan yang dilakukan oleh petugas PDAM, membukukan ke  laporan keuangan dan mengarsipkan kwitansi pembayaran air